Mr.Crab SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sabtu, 16 Maret 2013

StarDict, Kamus Sebaguna dengan Fitur KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) di Linux

StarDict, Kamus Sebaguna dengan Fitur KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) di Linux

Nov 21, 2012 by Under Tips & Trik - Leave a Comment  
Seringkali kita membutuhkan kamus untuk membaca artikel-artikel berbahasa Inggris atau untuk mengetahui kata dalam Bahasa Indonesia. Sekarang sudah ada Stardict di Linux yang sangat user-friendly. Ia dapat diinstal KBBI secara lengkap dan gratis, serta dapat juga diinstali kamus Inggris-Indonesia dan sangat banyak bahasa lain di seluruh dunia bisa dimasukkan ke Stardict.
StarDict Linux Dictionary
Stardict memiliki fitur-fitur tertentu yang sangat memanjakan pengguna kamus. Enaknya lagi, Stardict sangat ringan dan cepat. Bersiaplah menikmati konsep baru kamus digital di Linux!
Fitur Pencarian Kata Ala Google
Kita telah mengenal fitur Google Suggest ketika mencari di Gogle. Itu lho, belum selesai mengetik sudah ada saran pencarian muncul. Sehinga kita tinggal pilih kalimat mana yang mau dipakai mencari. Tidak usah mengetik banyak-banyak. Sama dengan itu, Stardict memiliki Stardict Suggestnya sendiri. Ini sangat memudahkan kita dalam mencari suatu kata.
Stardict dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Stardict dengan Kamus Inggris – Indonesia
Kamus Indonesia di Linux
Stardict dengan kamus Indonesia – Inggris
Kamus Sederhana Indonesia
Stardict melakukan scanning kata
Quick WorkFlow Kamus Indonesia
Selama Stardict masih menyala, entah ia ada di system tray maupun taskbar, kita bisa memerintahnya untuk mengartikan kata yang kita sorot. Ini sangat berguna saat kita membuka web berbahasa Inggris lalu bertemu kata yang susah. Tinggal blok kata yang susah itu lantas Stardict akan mengartikannya. Akan keluar popup kecil yang berisi terjemahan. Tentu Anda harus menyuruh Stardict melakukan itu dulu yaitu dengan memberi cawang pada opsi Scan di pojok kiri bawah Stardict. Lihat skrinsot berikut.
Master Dolphin
Bagusnya, fitur scanning ini bisa berlaku di mana-mana baik di browser, text editor, Libreoffice, dan lain-lain selama itu teks.
Writer dengan Kamus
Menginstal kamus baru di Stardict
Anda bisa menginstal bahasa Jepang, Prancis, Rusia, Latin, Yunani, dan lain-lain ke dalam Stardict. bahkan sudah ada KBBI versi Stardict. Ia akan mengartikannya untuk Anda. Download ratusan kamus Stardict dari web resminya (http://www.stardict.org/download.php#) dan yang tidak resmi (http://abloz.com/huzheng/stardict-dic/dict.org/). KBBI bisa diunduh di http://www.mediafire.com/file/15m1749wegeyk6b/stardict-kbbi-2.4.2.tar.gz (3 MB).
Kalau sudah, Anda akan mendapati file bernama stardict*.tar.bz2. Ekstrak dengan aplikasi ZIP Anda (saya menggunakan Ark di KDE) ke home lalu kopi foldernya dari home ke alamat /usr/share/stardict/dic/. Gunakan perintah cp di terminal Anda. Kalau sudah dikopi, restart Stardict untuk mengaktifkan kamus barunya. Lebih jelasnya lihat skrinsot berikut.

Oh iya, dalam contoh ini saya memakai Dolphin di KDE sehingga tidak perlu membuka Terminal karena sudah ada Terminal internal di dalamnya.
HOT! Kamus CIA untuk Stardict!
Ternyata ada kamus khusus bikinan CIA berisi data-data CIA sendiri tahun 1995. Dengan ini Anda dapat mengetahui informasi-informasi menetail mengenai suatu negara bahkan informasi yang rahasia sekali pun. Silakan download file kamusnya di sini.
Kamus Indonesia Linux
HOT! Kamus istilah komputer internasional untuk Stardict!
Ternyata pula ada kamus berisi kumpulan istilah komputer (semacam ensiklopedi) yang lengkap sekali tersedia untuk Stardict. Kamus ini merupakan mirror alias versi offline dari kamus http://foldoc.org/ yang terkenal itu. Kini Anda bisa menikmatinya di Stardict tanpa internet. Cocok untuk kita yang baru belajar komputer.
Komputer Kamus
Bagaimana menginstal Stardict?
Dengan fitur yang sangat cantik ini, kita tentu ingin menginstalnya. Di Linux, cukup buka Synaptic Package Manager lalu pilih Stardict dan Apply. Pastikan ada internet untuk melakukan instalasi. Mudah sekali, bukan?
TIP: Anda bisa menonaktifkan atau mengaktifkan suatu kamus kapan pun Anda mau. Misalnya, saat ini saya hanya ingin membuka kamus Indonesia – Inggris. Maka bukalah Manage Dictionaries, lalu hilangkan cawang pada kamus yang ingin disembunyikan. Nanti kalau ingin lagi, cawang lagi. Mudah sekali, bukan?
Manage Kamus
Semoga apa yang sudah diterangkan di sini bisa membawa manfaat untuk anda yang tentunya menambah wawasan anda di dunia Linux.

0 komentar:

Posting Komentar