Mr.Crab SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sabtu, 16 Maret 2013

Mengedit file menggunakan Nano dan Vi/Vim

Mengedit file menggunakan Nano dan Vi/Vim


Jika kamu mengikuti tutorial command dan conquer selama ini, kamu setidaknya sudah mengetahui bagaimana cara-cara menggunakan terminal dengan aman, dan cara memanage file melalui command line. Bulan ini kita akan menunjukkan pada kamu bagaimana cara mengedit file menggunakan Nano dan Vi/Vim.

Sebagai permulaan, saya akan menunjukkan cara termudah untuk menggunakan editor yang termudah dari dua editor, yaitu nano. Ketikkan perintah berikut ini
nano example.txt
Perintah diatas akan menampilkan program Nano seperti gambar dibawah ini
nano editor 300x209 Mengedit file menggunakan Nano dan Vi/Vim
Pada bagian atas editor terdapat 3 informasi. Disebelah kiri terdapat tulisan ‘GNU Nano’ diikuti dengan versi dari GNU Nano ini, pada bagian tengah terdapat nama file yang ditampilkan, dan pada bagian kanan terdapat informasi status dari file. Pada bagian bawah, terdapat dua baris command dari editor, diikuti dengan status baris dari dua command tersebut. Untuk mengedit file, kamu cukup melakukan pengetikkan seperti yang kamu lakukan pada program text editor lainnya.
Disamping mengedit file, fungsi-fungsi umum (dan kombinasi dari fungsi-fungsi tersebut) terdapat pada bagian bawah editor. Sebagai contoh , ^O (Ctrl+O) akan melakukan fungsi ‘WriteOut’ atau akan melakukan fungsi save  file, dan ^W (Ctrl+w) berguna untuk melakukan fungsi pencarian pada file. Nano merupakan editor yang paling mudah dibandingkan dengan Vi atau Vim, tapi dari sisi fungsionalitas Vi atau Vim jauh lebih unggul dibandingkan dengan Nano.
Secara standard Ubuntu hanya menyertakan program Vim versi basic. Tapi fungsi-fungsi yang terdapat pada program Vim basic ini masih dapat digunakan untuk melakukan latihan-latihan yang terdapat pada tutorial ini, tapi untuk melakukan editing tingkat advance atau tingkat mahir, kamu memerlukan full package dari Vim (Kita akan menunjukkan bagaimana mendapatkan package ini dengan menggunakan command line pada tutorial mendatang).
Text editor umumnya mempunyai dua fungsi utama : mengedit file dan melakukan otomatisasi task. Task dapat berupa segala sesuatu mulai dari find/replace atau hanya mengesave suatu file. Pada editor yang memiliki tampilan graphic, fungsi untuk mengsave suatu file dapat dilakukan dengan menggunakan menu atau dengan mengklik tombol. Pada Nano, kamu menggunakan kombinasi key tertentu untuk melakukan fungsi ini. Vim memiliki dua mode untuk melakukan fungsi ini : insert mode dan command mode. coba ketikkan perintah vim example.txt pada terminal, maka layar kamu akan menampilkan tampilan seperti gambar dibawah ini. Vim pada gambar dibawah ini menggunakan mode standard, yaitu command mode. Sehingga kamu tidak dapat mengedit dokumen
vim editor dalam mode command 300x209 Mengedit file menggunakan Nano dan Vi/Vim
Untuk melakukan switch pada insert mode, tekan ‘i’ atau tombol insert. Sekarang kamu dapat mengedit file. Coba ketikkan beberapa teks, kemudian lakukan switch back pada command mode dengan menekan tombol escape (esc).
Command Function
:w
Save the document.
:q
Quit Vim.
:q!
Quit Vim without Saving
h,j,k,l
Move around
document, you can
also use the arrow keys
:e [filename]
Open the given file.
:help
[command]
Open the main help
page or get specific
help
:set [option]
[value]
Get a list of options
that have been set, or
set an option
Terdapat beratus-ratus atau mungkin beribu-ribu command pada Vim. Beberapa command vim dasar dapat dilihat diatas.
Sebagai contoh, Jika kamu ingin menyimpan perubahan yang kamu lakukan, ketikkan ‘:w’ (semua Vim command dimulai dengan tanda ‘:’) Kamu juga dapat menggabungkan beberapa command menjadi satu, sebagai contoh command ‘:wq’ akan melakukan save file dan setelah itu akan melakukan fungsi quit dari program Vim.
Command-command diatas hanya merupakan beberapa command dasar dari Vim. Vim juga memiliki command untuk melakukan copy/paste, find/replace, syntax highlighting, showing line number, dan masih banyak fungsi-fungsi lainnya. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai fungsi yang dimiliki oleh Vim, gunakan command :help atau kamu dapat membaca dokumantasinya di http://www.vim.org/docs.php

0 komentar:

Posting Komentar