Mr.Crab SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sabtu, 16 Maret 2013

Mengubah desktop Gnome menjadi KDE

Mengubah desktop Gnome menjadi KDE


Halo pada posting kali ini saya akan membahas cara mengubah desktop Gnome menjadi KDE. Bagi kamu yang menginstall Ubuntu bukan Kubuntu maka desktop kamu secara default adalah Gnome desktop.

Sebenarnya Ubuntu sudah menyediakan cara yang mudah untuk mengubah desktop kamu menjadi KDE atau desktop XUbuntu. Pada posting kali ini saya hanya akan menerangkan cara untuk mengubah desktop Gnome menjadi desktop KDE..
  • Langkah pertama pastikan kamu menginstall desktop environment KDE. Caranya adalah menginstallnya dengan menggunakan Synaptic Package Manager, yang dapat diakses di menu System->Administration->Synaptic Package Manager.
  • Masukkan password kamu. Ketikkan kubuntu-desktop pada text box search, setelah itu klik tombol search. Apabila kamu bingung dapat melihat contoh dibawah ini.
synaptic package manager Mengubah desktop Gnome menjadi KDE
  • Klik kanan package kubuntu desktop dan pilih mark for installation. Setelah itu klik tombol apply yang terletak disebelah kiri tombol properties. Apabila kamu masih bingung dapat melihat gambar dibawah ini.
instal kubuntu desktop 300x225 Mengubah desktop Gnome menjadi KDE
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan DVD repository Ubuntu. Masukkan DVD sesuai dengan nomer yang diminta dan tunggu sampai proses installasi selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, logout dari Ubuntu. Pada waktu login window muncul, pilih sessions, lalu pilih KDE atau KDE4. Setelah itu masukkan user name dan password kamu seperti proses login biasa. Apabila semua berjalan lancar, maka kamu akan ditanyai apakah kamu akan membuat perubahan ini menjadi permanen atau hanya untuk session ini saja. Saran saya, kamu pilih hanya untuk session ini saja.
Tutorial ini juga dapat kamu terapkan untuk mengubah desktop Gnome menjadi desktop Xubuntu. Perbedaannya adalah kamu harus menginstall program xubuntu-desktop dengan menggunakan synaptic package manager dan memilih desktop Xubuntu pada login window.
Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck

0 komentar:

Posting Komentar