Mr.Crab SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sabtu, 16 Maret 2013

Dasar Jaringan Komputer


Dasar Jaringan Komputer

Dasar Jaringan Komputer | Pengertian LAN, MAN dan WAN
Dasar Jaringan Komputer | Pengertian LAN, MAN dan WAN - Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer atau perangkat-perangkat yang saling terhubung dalam satu kesatuan sehingga membentuk sebuah jaringan yang disebut sebagai jaringan komputer.

Ciri-ciri dari suatu jaringan yaitu terhubungnya 2 atau lebih komputer dengan media transmisi yang disertai dengan Protokol Jaringan. sesuai dengan ruang lingkup jaringan, jaringan dibagi menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut.

PAN (Personal Area Network)
PAN (Personal Area Network)Personal Area network mungkin jarang pembaca dengan namun ini adalah salah satu jenis jaringan, PAN sendiri merupakan suatu jaringan yang menghubungkan antara suatu perangkat dengan perangkat lain, personal area network ini hanya sebatas personal saja seperti menghubungkan komputer dengan perangkat bluetooth, atau menghubungkan Mouse wireless dengan perangkat komputer.
Sesuai dengan ruang lingkupnya hanya sebatas personal, berarti ketika perangkat terhubung dengan jaringan PAN, maka pengguna yang dapat mengontrolnya hanya sebatas personal saja, atau hanya kepada satu pengguna.   Jaringan PAN saat ini sudah jarang digunakan, dikarenakan perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang sehingga menyebabkan posisi PAN sebagai jenis jaringan komputer yang sesuai dengan ruang lingkupnya sudah mulai tergeser atau bahkan sudah dilupakan oleh pembaca.
LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network)Local Area network adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah yang kecil namun masih lebih besar dibandingkan dengan PAN, LAN biasanya hanya mencakup dalam satu ruangan saja. teknologi pada lan saat ini menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan Perangkat Hub/Switch sebagai terminal penghubung dari satu komputer dengan komputer yang lainnya.

kecepatan Transfer untuk LAN sendiri cukup tinggi yaitu dari 10, 100, hingga 1000 Mbps. perangkat lain yang juga bisa digunakan untuk membentuk suatu jaringan Lan yaitu dengan jaringan nirkabel (jaringan tanpa kabel) dengan teknologi IEEE 802.11b.

MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Arean network yang disingkat dengan MAN merupakan Jaringan komputer yang ruang lingkupnya jauh lebih besar dibandingkan dengan LAN dan PAN, ruang lingkup dari MAN yaitu dapat mencakup dari satu kota ke kota lainnya, jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan lan yang saling terhubung menjadi satu kesatuan sehingga disebut dengan MAN.

Jangkauan dari Jaringan MAN antara 10-50 km. Jaringan ini biasanya menghubungkan antar kantor-kantor dalam satu kota atau luar kota. dengan jarak antara 10-50 km yang dapat berbagi hingga beberapa instansi dalam satu kota atau bahkan dengan kota lain. dengan jaringan ini biasanya juga digunakan oleh instansi pemerintahan untuk menghubungkan satu kota dengan kota lain.
WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network Yang biasa disingkat dengan nama WAN merupakan jaringan dengan ruang lingkup paling besar dibandingkan dengan PAN, LAN, dan MAN. dimana dengan jaringan WAN komunikasi dapat dilakukan dari satu negara ke negara lain. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar