Mr.Crab SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sabtu, 16 Maret 2013

Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10

Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10


Pada hari ini saya iseng-iseng mengoogling software simulasi jaringan yang tersedia di Ubuntu. Tidak menyangka ternyata Packet Tracer yang pernah saya gunakan di Windows juga tersedia di Ubuntu. Tanpa tedeng aling langsung meluncur ke TKP. Nach pada posting kali ini saya akan membahas cara menginstall Packet Tracer, khususnya Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10

  • Langkah pertama adalah mendownload Packet Tracer di link ini. Untuk sistem operasi Ubuntu, pilihlah file Packet Tracer51_i386_installer-deb.bin.
  • Setelah file berhasil didownload, kamu harus merubah permission dari file tersebut menjadi 755. Caranya ketikkan perintah (tanpa tanda petik) “sudo chmod 755 /directory tempat kamu menyimpan file tersebut/Packet Tracer51_i386_installer-deb.bin” Sebagai contoh file tempat saya menyimpan berada di directory /home/indrabt. maka saya mengetikkan perintah “sudo chmod 755 /home/indrabt/Packet Tracer51_i386_installer-deb.bin”. Untuk lebih jelasnya coba perhatikkan gambar dibawah ini
Perintah mengubah hak akses file Packet Tracer 300x70 Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10
  • Terminal akan meminta password root kamu. Masukkan password root kamu. Langkah berikutnya adalah menjalankan file installer program Packet Tracer. Caranya ketikkan perintah “sudo /directory tempat kamu menyimpan file tersebut/Packet Tracer51_i386_installer-deb.bin” (tanpa tanda petik). Pada kasus saya, saya mengetikkan perintah “sudo /home/indrabt/Packet Tracer51_i386_installer-deb.bin”. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini.
Perintah menjalankan program Packet Tracer 300x29 Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10
  • Kemudian kamu akan diminta untuk menekan tombol enter untuk membaca EULA dari Packet Tracer. Pada baris akhir dari EULA, akan muncul pesan apakah kamu setuju dengan EULA yang telah dibaca tadi. Tekan tombol “Y”.
  • Jadi dech proses instalasinya. Kamu bisa mengakses program Packet Tracer di menu Internet->Cisco Packet Tracer. Catatan : Hal yang harus diperhatikan pada waktu kamu menjalankan program Packet Tracer ini, kamu harus menonaktifkan compiz kamu, apabila kamu mengaktifkan compiz. Karena berdasarkan pengalaman saya, menu-menu yang terdapat pada packet tracer tidak dapat dilihat dengan jelas atau kabur. Untuk lebih jelasnya coba kamu perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar menu Packet Tracer yang tidak jelas 300x233 Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10
  • Apabila kamu berhasil membuat menu packet tracer tetap jelas dan kondisi compiz kamu aktif jangan lupa share ke saya ya icon smile Instalasi Packet Tracer 5.2 di Ubuntu 9.10
Oke sekian saja posting kali ini. Selamat mencoba dan good luck

0 komentar:

Posting Komentar